Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia


            Organisasi adalah sebuah wadah dimana semua orang bisa masuk dan mengasah pribadi mereka untuk menjadi lebih baik. Di dalam suatu organisasi pastilah terdapat aturan-aturan, norma-norma yang harus dijunjung dan dihormati oleh segenap warga organisasi. Aturan tersebut tersebut termaktub di dalam sebuah Anggaran Dasar dan Anggaran rumah Tangga (AD/ART).
            Tak berbeda jauh dengan organisasi yang ada, PMII adalah sebuah organisasi kaderisasi yang berjalan di tengah mahasiswa Islam Indonesia. PMII mengusung format Islam Indonesia yang bernaung Ahlu Sunnah Wal Jama’ah sebagai landasan berfikir untuk menentukan apakah layak atau tidaknya sebuah keputusan yang diambil. Semua dipetimbangkan dengan ASWAJA sebagai pertimbangan bertindak.
            PMII yang pada hakikatnya adalah sebuah organisasi pengkaderan yang bertujuan untuk menciptakan mahasiswa yang kritis, kreatif, dan transformatif, serta menjalankan nilai-nilai Dzikir, Fikir, dan Amal Sholeh demi terciptanya mahasiswa pergerakan yang “Ulul Albab”. Karena mahasiswa adalah sosok agen perubahan bagi setiap hal kecil yang terjadi disekitar.
            PMII mempunyai beberapa step atau langkah-langkah mengenai bagaimana seorang itu akan diasah untuk menjadi militan, dan loyal kepada PMII. MAPABA (Masa Penerimaan Anggota Baru) adalah tahap awal yang harus dilalui setiap mahasiswa yang ingin menjadi anggota PMII. Setelah MAPABA selesai dan telah dibaiat, maka seorang tersebut telah resmi jadi anggota dan keluarga PMII.
            Setelah MAPABA tahap kedua adalah PKD untuk mengangkat diri menjadi kader. Kemudian dilanjutkan lagi ke PKL sebagai langkah akhir dari proses yang harus dilalui oleh bebrapa anggota maupun kader PMII. Maka merekalah yang benar-benar sungguh-sungguh berproses yang akan menjadi aktivis militan, loyal, kritis, dan kreatif serta transformatif kepada sekitarnya, dan kepada PMII.


"Sekali Bendera Berkibar Hentikan Ratapan dan Tangisan
Tetap Tangan Terkepal dan Maju Ke Muka"

0 Respon:

Posting Komentar